Visi dan Misi
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
VISI MADRASAH
Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian , visi madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional.
Dalam merumuskan visi madrasah, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah dan mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, peserta didik, orangtua, komite madrasah, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh MTs Negeri 6 Klaten:
TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG ISLAMI, DISIPLIN, CERDAS DAN BERPRESTASI |
Indikator Visi:
A. Islami:
- Hafal dan fasih bacaan sholat, gerakan sholat dan memahami makna bacaan sholat
- Hafal doa setelah sholat dan-doa harian
- Tertib menjalankan sholat fardhu
- Hafal Juz ‘Amma
- Mampu melaksanakan sholat sunnah jenazah dan Perawatan Jenazah
- Berinfak/sodaqoh secara rutin
- Membaca al-Qur’an dengan Tartil
- Memprakarsai perayaan hari besar Islam
- Membiasakan senyum, salam, dan sapa
- Berakhlaqul karimah
B. Disiplin:
- Tercapainya kedisiplinan pendidik dalam PBM;
- Tercapainya pembelajaran yang efektif;
- Melaksanakan tata tertib yang berlaku di Madrasah;
- Disiplin dalam beribadah;
- Disiplin dalam menjaga dan merawat lingkungan madrasah;
- Terbentuknya karakter siswa yang berbudaya membaca;
- Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
B. Cerdas Berprestasi:
- Unggul dalam perolehan nilai ujian
- Unggul dalam lomba/olimpiade sains, sosial dan agama
- Unggul dalam bidang seni (tradisional, modern dan relegius)
- Unggul dalam bidang Pramuka, olah raga permainan dan Atletik
- Unggul dalam bidang bahasa dan budaya
- Unggul dalam bidang agrokultur
- Kultur Madrasah:
- Memiliki karakteristik dalam kegiatan religius dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.;
- Memiliki Jiwa kebersamaan dan kepedulian sosial;
- Adanya keseimbangan antara disiplin, minat, dan budaya belajar;
- Lingkungan belajar yang kondusif;
- Layanan administrasi pendidikan yang efektif dan efisien;
- Kepercayaan dari masyarakat dan stakeholder.
Visi ini menjiwai seluruh warga madrasah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah dan mencerminkan profil dan cita-cita madrasah
- MISI MADRASAH
Akademik : Meningkatkan minat belajar siswa untuk menumbuhkan budaya belajar guna mendukung peningkatan prestasi;
Non Akademik : Memantapkan kegiatan ekstra kurikuler untuk menggali potensi siswa di bidang Iptek, Imtaq, Seni Budaya dan Olah Raga;
Kultur Madrasah: Meningkatkan disiplin dan budi pekerti melalui kegiatan religius dan budaya tertib.
Adapaun secara terperinci, misi madrasah dapat diuraikan sebagai berikut:
- Pembiasaan peserta didik untuk memiliki budaya membaca yang tinggi;
- Melaksanakan pembelajaran dengan metode dan teknik yang profesional dan mengaplikasikan teknologi informasi;
- Melaksanakan program bimbingan yang efektif sesuai dengan bakat, minat, dan potensi peserta didik;
- Melaksanakan pengelolaan madrasah dengan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan pemangku kepentingan;
- Meningkatkan efektifitas pembelajaran ekstrakurikuler
Indikator Misi:
- Akademik:
- Tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional;
- Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai;
- Terlaksananya Proses belajar mengajar yang berkualitas;
- Terlaksananya menejemen berbasis madrasah.
- Non Akademik:
- Tersalurkannya Potensi, Bakat dan Minat Siswa secara Optimal;
- Berprestasi dalam bidang pengetahuan umum, agama, seni budaya, dan olah raga;
- Terlaksanaya berbagai program tehnologi tepat guna kerja sama dengan masyarakat.
- Kultur Madrasah:
- Terciptanya lingkungan yang tertib, disiplin, bersih dan nyaman yang bernuansa Islami;
- Siswa dapat berinteraksi antar sesama warga madrasah dengan baik;
- Tidak terjadinya tindak kriminal oleh siswa;
- Terlaksananya praktek Ibadah di madrasah dan masyarakat seperti sholat, puasa dan ibadah lain.
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
LABORATORIUM
Laboratorium IPA Laboratorium TIK Laboratorium PAI
Laboratorium
Laboratorium IPA Laboratorium TIK Laboratorium PAI